Selasa, 23 Agustus 2011

Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian MP-ASI terlalu dini

BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Sesuai dengan himbauan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dimana para ibu diseluruh dunia agar menyempurnakan pemberian ASI sampai anak usia 2 tahun.  Hal tersebut didukung dengan adanya Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) tahun 1994-2004 tentang Program Pembangunan Nasional (PROPENAS) yang mengamanatkan bahwa pembangunan diarahkan pada meningkatnya sumber daya manusia. Modal dasar pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas dimulai sejak bayi dalam kandungan, disertai pemberian ASI secara eksklusif terhadap bayi sejak usia 0 – 6 bulan (Suherman, 2004).

Menurut Kepmenkes RI No.450/MENKES/IV/2004 tentang pemberian ASI secara eksklusif pada bayi Indonesia ditetapkan bahwa “Pemberian ASI eksklusif bagi bayi lahir sampai dengan bayi berumur 6 bulan dianjurkan sampai anak berusia 2 tahun dengan pemberian makanan tambahan yang sesuai” (P. Saragih, 2006). 
Makanan pendamping ASI diberikan seharusnya pada bayi yang berumur >6 bulan, hal ini dikarenakan kebutuhan bayi akan zat gizi semakin bertambah sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan bayi, sedangkan produksi ASI mulai menurun. Namun pemberian makanan pendamping ASI harus secara bertahap dari makanan yang cair, lunak, makanan yang lembek dan akhirnya seperti makanan orang dewasa. Pengenalan MP-ASI terlalu dini akan menimbulkan mortalitas dan morbiditas pada bayi yang relatif cukup tinggi.  Hasil Laporan  Survey WHO-UNICEF dan IDAI diketahui bahwa hingga akhir tahun 2003 setidaknya  terdapat 1.655 bayi yang pernah diberikan MP-ASI terlalu dini pada usia <6 bulan mengalami banyak gangguan kesehatan pada masa perkembangan sebelum mencapai usia 10 tahun salah satu dampak akibat diberikannya MP-ASI terlalu dini adalah menurunnya daya tahan tubuh terhadap berbagai infeksi yang umumnya menyerang anak (Afriana, 2004).
Pemberian MP-ASI terlalu dini pada bayi akan menimbulkan dampak yang kurang baik, dampak tersebut dapat berjangka panjang atau berjangka pendek. Berdasarkan hasil pre-survey yang peneliti lakukan pada minggu pertama hingga kedua bulan Desember 2007, didapatkan sebanyak 80% dari 46 bayi baru lahir di bawah umur 6 bulan sudah diberikan MP-ASI.
Dari latar belakang di atas, peneliti tertarik untuk meneliti tentang “Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian MP-ASI terlalu dini ZZZ Tahun 2007”.

1.2   Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, penulis mendeskripsikan data yang merupakan identifikasi masalah, yaitu sebagai berikut:
1.2.1        Didapatkan sebanyak 80% dari 46 bayi baru lahir di bawah umur 6 bulan sudah diberikan MP-ASI.
1.2.2        Dampak dari pemberian MP-ASI terlalu dini pada bayi usia <6 bulan adalah mengalami banyak gangguan kesehatan pada masa perkembangan sebelum mencapai usia 10 tahun salah satunya adalah menurunnya daya tahan tubuh terhadap berbagai infeksi yang umumnya menyerang anak.

1.3   Masalah dan Permasalahan

1.3.1        Masalah
Masih adanya 80% bayi usia <6 bulan yang diberikan MP-ASI dan belum diketahuinya faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan pemberian MP-ASI terlalu dini ZZZ Tahun 2007?

1.3.2        Permasalahan
1.3.2.1  Faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan pemberian MP-ASI terlalu dini ZZZ Tahun 2007?
1.3.2.2  Apakah pendidikan merupakan faktor yang berhubungan dengan pemberian MP-ASI terlalu dini ZZZ Tahun 2007?
1.3.2.3  Apakah pengetahuan merupakan faktor yang berhubungan dengan pemberian MP-ASI terlalu dini ZZZ Tahun 2007?
1.3.2.4  Apakah sosial-budaya merupakan faktor yang berhubungan dengan pemberian MP-ASI terlalu dini ZZZ Tahun 2007?
1.4  Tujuan Penelitian

1.4.1        Tujuan Umum
Untuk mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan pemberian MP-ASI terlalu dini ZZZ Tahun 2007.

1.4.2        Tujuan Khusus
1.4.2.1  Untuk mengetahui hubungan antara pendidikan dengan pemberian MP-ASI terlalu dini ZZZ Tahun 2007.
1.4.2.2  Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan pemberian MP-ASI terlalu dini ZZZ Tahun 2007.
1.4.2.3  Untuk mengetahui hubungan antara sosial-budaya dengan pemberian MP-ASI terlalu dini ZZZ Tahun 2007.

1.5  Manfaat Penelitian

Diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi:
1.5.1        Peneliti
Dapat mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan pemberian MP-ASI dini.khususnya ZZZ Tahun 2007.
1.5.2        Institusi Pendidikan
Dapat dijadikan referensi berupa bacaan di perpustakaan yang bermanfaat khususnya mengenai pemberian makanan pendamping ASI terlalu dini pada bayi.

1.5.3        Lahan Penelitian
Dapat lebih meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya pada ibu-ibu yang mempunyai bayi untuk dapat mengerti tentang pemberian MP-ASI terlalu dini.

1.6    Ruang Lingkup Penelitian
Penelitian ini adalah deskripsi korelasi yang dilakukan terhadap ibu-ibu yang memiliki bayi ZZZ.  Adapun yang diteliti adalah faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian MP-ASI terlalu dini.  Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Juni tahun 2008.

Tersedia (Full Version): Pesan Sekarang

0 comments:

Poskan Komentar

ryan75800's Profile on Ping.sg