Sabtu, 23 Juli 2011

Gambaran pengetahuan orangtua tentang imunisasi DPT

BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Hingga kini imunisasi masih menjadi andalan dalam mengendalikan penyebaran berbagai penyakit infeksi, khususnya penyakit yang banyak menjangkiti anak-anak.  Menurut para pakar imunisasi dunia, sedikitnya sebanyak 10 juta jiwa dapat diselamatkan pada tahun 2006 melalui kegiatan imunisasi. Bahkan hingga tahun 2015 sebanyak 70 juta jiwa anak-anak di negara miskin dapat diselamatkan dari penyakit-penyakit infeksi yang umumnya menjangkiti mereka (www.depkes.go.id, 2006).

Itulah sebabnya, pada beberapa jenis penyakit yang dianggap berbahaya, dilakukan tindakan imunisasi atau vaksinasi.  Hal ini dimaksudkan sebagai tindakan pencegahan agar tubuh tidak terjangkit penyakit tersebut, atau seandainya terkenapun, tidak akan menimbulkan akibat yang fatal.  Dalam hal ini imunisasi ada dua macam, yaitu imunisasi aktif dan imunisasi pasif.  Imunisasi aktif adalah pemberian kuman atau racun kuman yang dilemahkan atau dimatikan dengan tujuan untuk merangsang tubuh memproduksi antibodi sendiri. Contohnya adalah imunisasi DPT.  Sedangkan imunisasi pasif adalah penyuntikan sejumlah antibodi, sehingga kadar anibodi dalam tubuh meningkat.  Contohnya adalah penyuntikan Anti Tetanus Serum (ATS) pada orang yang mengalami luka kecelakaan (www.sarikata.com, 2005).
Pada tahun 2005 Depkes RI menyatakan bahwa lebih dari 10 juta balita meninggal tiap tahun, dengan perkiraan 2,5 juta meninggal (25%) akibat penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin yang kini ada maupun yang terbaru. Oleh karena itu sangat jelas bahwa imunisasi sangat penting untuk mengurangi seluruh kematian anak. Dalam era globalisasi dan komunikasi tanpa batas, yang berdampak pada peningkatan kerentanan dalam penyebaran penyakit, membuat peran imunisasi semakin vital (Depkes RI, 2006).

Imunisasi DPT adalah suatu vaksin 3-in-1 yang melindungi terhadap difteri, pertusis dan tetanus. Difteri adalah suatu infeksi bakteri yang menyerang tenggorokan dan dapat menyebabkan komplikasi yang serius atau fatal. Pertusis (batuk rejan) adalah inteksi bakteri pada saluran udara yang ditandai dengan batuk hebat yang menetap serta bunyi pernafasan yang melengking (naila.rad.net.id, 2003).
Pada tahun 2005 Departemen Kesehatan Republik Indonesia menyatakan bahwa lebih dari 10 juta balita meninggal tiap tahun, dengan perkiraan 2,5 juta meninggal (25%) akibat penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin yang kini ada maupun yang terbaru. Oleh karena itu sangat jelas bahwa imunisasi sangat penting untuk mengurangi seluruh kematian anak. Dalam era globalisasi dan komunikasi tanpa batas, yang berdampak pada peningkatan kerentanan dalam penyebaran penyakit, membuat peran imunisasi semakin vital (Depkes RI, 2006).
Keberhasilan program imunisasi untuk mencapai target yang diharapkan akan sangat tergantung dari hasil cakupan program tersebut dan pada akhir Pelita IV ditentukan bahwa cakupan imunisasi harus mencapai 65% dan pada tahun 1990 secara nasional Indonesia dapat mencapai status Universal Child Immunization (UCI) yaitu mencakup 80% untuk HB1, Polio3 dan campak sebelum anak berusia 1 tahun dan cakupan HB2, Polio dan DPT minimal 90%  (Petunjuk Pelaksanaan Program Imunisasi di Indonesia, 2001).  Pada Pelita VII tahun 2002 anak yang berusia di bawah 1 tahun sudah mendapatkan imunisasi lengkap 100% untuk semua jenis imunisasi, karena dampak dari kurangnya pemberian imunisasi pada anak dapat mengakibatkan penyakit-penyakit infeksi (Dinas Kesehatan Propinsi Lampung, 2001).
Berdasarkan data yang didapat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan (2006) diketahui pada tahun 2005 jumlah cakupan bayi yang diimunisasi sebanyak 143.908 bayi dengan jumlah sasaran sebanyak 291.725 bayi (49,33%) sedangkan pada tahun 2006 jumlah cakupan bayi yang diimunisasi sebanyak 127.113 bayi dengan jumlah sasaran sebanyak 341.730 bayi (37,19%).
Hasil perolehan data yang didapat dari beberapa Puskesmas ZZZ yang merupakan Puskesmas dengan jumlah cakupan imunisasi DPT 1-2 tergolong masih rendah sepanjang tahun 2004-2006.   Ini dapat dilihat seperti pada tahun 2004 bahwa jumlah sasaran bayi 0-12 bulan yang di imunisasi DPT sebanyak 650 bayi dengan jumlah cakupan sebesar 447 bayi (68,77%) dari target yang diharapkan 90%. Tahun 2005 jumlah sasaran bayi yang diimunisasi DPT sebanyak 650 bayi dengan jumlah cakupan 366 bayi (56,31%) dari target yang diharapkan 90%, dan pada tahun 2006 diperoleh jumlah sasaran bayi yang diimunisasi DPT sebanyak 718 bayi dengan jumlah cakupan sebesar 396 bayi (55,15%) dari target yang diharapkan sebesar 90%. Dari jumlah 396 bayi tersebut 16 bayi diantaranya merupakan bayi yang sedang sakit panas.  Dari jumlah tersebut dapat diketahui terjadi penurunan jumlah cakupan imunisasi DPT di Puskesmas Kota Dalam pada tahun 2004 – 2006 sebesar 60,08% dari target yang diharapkan sebesar 90%
Dalam upaya peningkatan cakupan imunisasi bayi, orangtua sangat penting peranannya khususnya ibu yang mempunyai bayi dan balita, dimana sangat jelas terlihat bahwa sang anak sangat tergantung akan perhatian ibunya, dalam hal ini memperhatikan kekebalan dan daya tahan tubuh si anak.  Hal ini berarti bahwa pengetahuan seorang ibu tentang imunisasi khususnya DPT sangat diperlukan.  Fenomena lain yang tampak pada saat peneliti melakukan pre survey di Desa ZZZ adalah bahwa masih banyak ibu-ibu yang tidak mengerti tentang pentingnya imunisasi DPT, dari sebagian besar ibu-ibu yang ikut serta memberikan imunisasi DPT pada anaknya diketahui banyak pula ibu-ibu yang sekedar ikut-ikutan saja tanpa mengetahui manfaat atau kegunaan dari imunisasi DPT.  Selain itu kekhawatiran ibu terhadap anaknya yang diimunisasi DPT yang kemudian panas dan demam juga dapat mengakibatkan meningkatnya kecemasan ibu.
Berdasarkan latar belakang dan fenomena yang ada, peneliti tertarik untuk meneliti tentang “Gambaran pengetahuan orangtua tentang imunisasi DPT di ZZZ Tahun 2007”.

1.2   Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, penulis mendeskripsikan data yang merupakan identifikasi masalah, yaitu:
1.      Bahwa dampak dari kurangnya pemberian imunisasi DPT pada bayi 0-12 bulan dapat mengakibatkan penyakit-penyakit infeksi.
2.      Cakupan imunisasi DPT 1  ke DPT 2 dengan sasaran 650 bayi sebanyak 457 bayi (68,77%) dari target yang diharapkan 90%
3.      DPT 2 ke DPT 3 cakupan yang disuntik sebanyak 366 bayi (56,31%) dari target yang diharapkan 90% tahun 2006.
4.      Sebagian orangtua bayi masih ada yang belum mengetahui tentang pentingnya pemberian dan efek samping dari suntikan DPT tersebut.
5.      Sebagian besar bayi yang telah diimunisasi DPT 1 tidak datang lagi untuk imunisasi DPT 2 dengan alasan takut.

1.3    Masalah dan Permasalahan

1.3.1        Masalah
1.3.1.1  Terjadinya kesenjangan antara cakupan DPT 2 ke DPT 3 sebesar 33,69% dari 90%.
1.3.1.2  Sebagian orang tua bayi yang belum mengetahui tentang pentingnya pemberian dan efek samping dari suntikan DPT tersebut.
1.3.1.3  Bagaimana gambaran pengetahuan orang tua bayi tentang imunisasi DPT tersebut.

1.3.2        Permasalahan
1.3.2.1  Bagaimana gambaran pengetahuan orang tua bayi tentang imunisasi DPT di ZZZ yang meliputi:
1.      Bagaimana pengetahuan ibu tentang pengertian imunisasi DPT?
2.      Bagaimana pengetahuan ibu tentang manfaat imunisasi DPT?
3.      Bagaimana pengetahuan ibu tentang komplikasi imunisasi DPT?
4.      Bagaimana pengetahuan ibu tentang efek samping imunisasi DPT?

1.4  Tujuan Penelitian

1.4.1        Tujuan Umum
Penelitian ini untuk mengetahui “gambaran pengetahuan orangtua tentang imunisasi DPT di ZZZ tahun 2007

1.4.2        Tujuan Khusus
1.4.2.1  Untuk mengetahui pengetahuan orangtua tentang imunisasi DPT berdasarkan pengertian
1.4.2.2  Untuk mengetahui pengetahuan orangtua tentang imunisasi DPT berdasarkan manfaat
1.4.2.3  Untuk mengetahui pengetahuan orangtua tentang imunisasi DPT berdasarkan komplikasi
1.4.2.4  Untuk mengetahui pengetahuan orangtua tentang imunisasi DPT berdasarkan efek samping

1.5   Manfaat Penelitian

Diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi:
1.5.1        Bagi Institusi Pendidikan
Sebagai dokumen dan bahan perbandingan untuk penelitian selanjutnya.
1.5.2        Bagi Petugas Kesehatan
Diharapkan petugas kesehatan dapat terus meningkatkan serta memberikan pelayanan  kepada bayi dan balita yang diberikan imunisasi khususnya DPT
1.5.3        Bagi Masyarakat
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan pada masyarakat mengenai imunisasi DPT.
1.5.4        Bagi Penulis
Sebagai penerapan dalam mata kuliah metode penelitian dan menambah pengetahuan serta pengalaman dalam penelitian.

1.5.5        Bagi Peneliti Selanjutnya
Sebagai bahan awal dalam melakukan penelitian selanjutnya yang berhubungan dengan imunisasi DPT, sehingga pengetahuan dan wawasan dalam bidang penelitian serta sebagai penerapan ilmu yang telah didapat selama studi.

1.6    Ruang Lingkup Penelitian


1.6.1           Jenis Penelitian                   :    Deskriptif  
1.6.2           Subyek Penelitian               :    Ibu-ibu yang memiliki bayi dan balita yang diberikan imunisasi DPT
1.6.3           Obyek Penelitian                :    Gambaran pengetahuan orangtua tentang imunisasi DPT
1.6.4           Lokasi Penelitian                :    ZZZ
1.6.5           Waktu Penelitian                :    Oktober – Nopember 2007

Tersedia (Full Version): Pesan Sekarang

1 comments:

pak gendoet mengatakan...

Jual aneka barang ONLINE.

bisa di pilih mana yang pingin di order.

<----------------------------------->
http://bantalsilikon01.blogspot.com/
http://bantalsilikon01.blogspot.com/
http://bantalsilikon01.blogspot.com/
http://bantalsilikon01.blogspot.com/
http://bantalsilikon01.blogspot.com/
http://bantalsilikon01.blogspot.com/
http://bantalsilikon01.blogspot.com/
http://bantalsilikon01.blogspot.com/
http://bantalsilikon01.blogspot.com/
http://bantalsilikon01.blogspot.com/
http://bantalsilikon01.blogspot.com/
http://bantalsilikon01.blogspot.com/
http://bantalsilikon01.blogspot.com/
http://bantalsilikon01.blogspot.com/
http://bantalsilikon01.blogspot.com/
http://bantalsilikon01.blogspot.com/
<----------------------------------->

<----------------------------------->
http://bumbupecel1.blogspot.com/
http://bumbupecel1.blogspot.com/
http://bumbupecel1.blogspot.com/
http://bumbupecel1.blogspot.com/
http://kopiluwakliar01.blogspot.com/
http://kopiluwakliar01.blogspot.com/
http://kopiluwakliar01.blogspot.com/
http://kopiluwakliar01.blogspot.com/
http://kopiluwakliar01.blogspot.com/
http://kopiluwakliar01.blogspot.com/
http://kopiluwakliar01.blogspot.com/
http://kopiluwakliar01.blogspot.com/
http://kopiluwakliar01.blogspot.com/

<----------------------------------->
Terima HARGA GROSIR dan termasuk ONGKIR

http://marinirseo.blogspot.com/
http://marinirseo.blogspot.com/
http://marinirseo.blogspot.com/
http://marinirseo.blogspot.com/

CP : 085-635-945-40

Poskan Komentar

ryan75800's Profile on Ping.sg