Rabu, 08 April 2009

Sistematika Penyusunan Tugas Akhir

Sama halnya dengan proposal tugas akhir, Tugas Akhir juga terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian awal, bagian isi dan bagian akhir, tetapi isinya lebih luas.

A. BAGIAN AWAL
Bagian awal mencakup halaman judul, sampul depan, halaman judul, halaman pengesahan, abstrak, halaman motto dan persembahan, riwayat hidup, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran.

1. Halaman Sampul Depan
Halaman judul memuat: Judul Tugas Akhir, Maksud dari Tugas Akhir Lambang Perguruan Tinggi, nama dan nomor Pokok atau Induk Mahasiswa, serta institusi yang dituju dan waktu pengajuan.
a. Judul Tugas Akhir dibuat sesingkat-singkatnya (Maksimum 20 Kata), tetapi jelas dan menunjuk dengan tepat masalah yang hendak diteliti, dan tidak membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam.
b. Maksud tugas akhir ialah menyusun Karya Tulis Ilmiah (untuk D3) atau Skripsi (untuk S1) dalam program studi tertentu.
c. Lambang perguruan tinggi yang diambil adalah lambang dari perguruan tinggi dengan diameter menyesuaikan dengan ketentuan masing-masing perguruan tinggi.
d. Nama dan Nomor Induk/Pokok Mahasiswa ditulis lengkap, sesuai dengan nama yang tercantum dalam ijazah SLTA atau pendidikan terakhir sebelumnya.
e. Institusi yang dituju adalah sekolah atau akademi yang diambil oleh mahasiswa.
f. Tahun penyelesaikan skripsi, ialah tahun ujian skirpsi dan ditempatkan di bawah tempat nama Kota/Kabupaten/Provinsi.

2. Halaman Judul
Halaman judul berisi tulisan yang sama dengan halaman samul depan tetapi dicetak di atas kertas putih (HVS ukuran A4 atau Quarto/Letter).

3. Halaman Persetujuan
Halaman ini memuat: judul skripsi, nama dan nomor pokok mahasiswa, program studi, komisi pemimbing dan ketua program studi.

4. Halaman Pengesahan
Halaman ini memuat: judul skripsi, nama dan nomor pokok/induk mahasiswa, program studi, tim penguji, ketua dan tanggal kelulusan.

5. Abstrak
Abstrak berfungsi memberi gambaran secara singkat dan padat akan apa yang dijabarkan dalam skripsi, sehingga pembaca dapat memutuskan perlu tidaknya membaca keseluruhan skripsi. Jadi pada dasarnya abstrak berisi masalah yang akan dibahas dan bagaimana pendekatannya serta hasil yang dicapai. Kata kunci (keywords) adalah kata yang akan digunakan untuk mencari buku pada katalog. Bila kata kunci itu dibaca akan segera mengingatkan orang tentang topik yang akan dibahas. Abstrak jangan melebihi dari 300 kata atau 1 halaman dengan spasi tunggal.

6. Halaman Motto dan Persembahan
Halaman ini berisikan kata-kata mutiara dan lain sebagainya yang dapat menjadi dorongan dan semangat, dan berisi ucapan terima kasih yang ditujukan kepada orang-orang atau pihak-pihak yang ada di luar lingkungan kampus dan objek penelitian yang terlibat atau yang sangat membantu baik secara moril maupun materil dan penyusunan skripsi ini.

7. Riwayat Hidup
Halaman ini berisi data mengenai tempat dan tanggal lahir, nama kedua orangtua peneliti, riwayat pendidikan dan lainnya.

8. Kata Pengantar
Halaman kata pengantar ini mengandung uraian singkat tentang maksud skripsi, penjelasan dan ucapan terima kasih keapda pihak yang dilingkungan kampus dan objek penelitian. Dalam kata pengantar tidak terdapat hal-hal yang bersifat ilmiah.

9. Daftar Isi
Daftar isi dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara menyeluruh tentang sistematika tugas akhir dan sebagai petunjuk bagi pembaca yang ingin langsung melihat suatu bab atau sub bab. Di dalam daftar isi tertera urutan judul bab, judul sub bab, judul anak sub bab disertai dengan nomor halamannya. Bahan-bahan sebelum kata pengantar tidak dicantumkan.

10. Daftar Tabel
Daftar tabel memuat urutan judul tabel beserta dengan nomor halamannya. Daftar ini sifatnya opsional yaitu apabila di dalam tugas akhir yang dibuat terdapat banyak tabel yang perlu diberikan pedoman bagi pembaca.

11. Daftar Gambar
Daftar gambar berisi urutan gambar dan nomor halamannya. Perlu tidaknya suatu daftar gambar tersendiri, sama persyaratannya dengan daftar tabel.

12. Daftar Lampiran
Sama halnya dengan daftar tabel dan daftar gambar, daftar lampiran dibuat bila tugas akihr dilengkapi dengan lampiran yang banyak dan isinya ialah judul lampiran dan nomor halamannya.

B. BAGIAN ISI
Bagian isi tugas akhir terdiri dari 5 bab dengan sistematika sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Latar Belakang berisi pokok-pokok pemikiran tentang masalah yang akan diteliti dan alasan-alasan mengapa masalah yang dikemukakan dalam usulan ini dipandang menarik dan perlu diteliti.
1.2 Identifikasi Masalah
Pada bagian ini perlu ditunjukkan masalah yang akan diteliti berdasarkan data atau fakta yang terjadi. Akan lebih baik lagi bila ditampilkan data-data yang menunjukkan bahwa terjadi masalah pada objek yang akan diteliti.
1.3 Rumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, makalah masalah dirumuskan dengan menggunakan kalimat tanya atau/kalimar pernyataan. Namun rumusan masalah tersebut harus mampu menunjukkan variabel yang akan diteliti.
1.4 Tujuan Penelitian
Merupakan keadaan yang ingin dicapai (goals/objective atau sasaran) dalam penelitian yang berkaitan erat dengan masalah yang dirumuskan. Tujuan dibagi dua yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum menggambarkan secara keseluruhan maksud dan tujuan diadakannya penelitian sedangkan tujuan khusus merupakan uraian dari masing-masing tujuan secara keseluruhan, baik variabel independen maupun variabel dependennya serta gabungan antara kedua variabel tersebut.
1.5 Manfaat Penelitian
Merupakan dampak setelah tercapainya tujuan. Tuliskan manfaat penelitian, baik dari segi dunia keilmuan, bagi diri sendiri maupun bagi objek penelitian.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Berisi uraian tentang telaah penelitian-penelitian sebelumnya dan landasan teori yang berkenaan dengan masalah dan permasalahan yang diangkat.
2.1 Telaah Penelitian
Berisi kutipan-kutipan dari penelitian-penelitian yang terdahulu yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.
2.2 Landasan Teori
Berisi teori-teori yang berhubungan dengan masalah yang diteliti yang bersumber dari buku-buku.
2.3 Hipotesis (bila ada)
Hipotesis merupakan jawaban sementara dari permasalahan yang dihadapi, dan masih harus dibuktikan kebenarannya. Perumusan hipotesis hendaknya dilakukan dengan pernyataan sebab dan akibat atau dengan memberikan suatu penilaian atas gejala-gejala yang terjadi. Bila penelitian hanya terdiri dari satu variabel dinyatakan dalam bentuk pertanyaan penelitian.

BAB III METODE PENELITIAN
Metode penelitian meliputi: Desan/Rancangan penelitian, variabel penelitian, definisi operasional variabel, tempat dan waktu penelitian, populasi dan sampel penelitian, jenis dan sumber data, alat dan teknik pengumpulan data, etika penelitian (bila menggunakan manusia sebagai objek penelitian), pengolahan data, rancangan Uji hipotesis/analisis data, alat dan bahan yang diinputkan.

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1 Gambaran Umum Tempat Penelitian
Bagian ini dipaparkan tentang objek penelitian khususnya yang berkenaan dengan masalah yang diteliti, gambaran lokasi penelitian, gambaran lokasi penelitian, gambaran masyarakat (bila komunitas) sejarah perkembangan dan gambaran ketenagaan (bila institusi)
4.2 Hasil Penelitian
Pada bagian ini membahas tentang:
a. Data-data yang didapat dari penelitian yang disajikan dalam bentuk daftar (tabel) atau grafik atau diagram atau foto/gambar atau bentuk lainnya.
b. Hasil analisis
4.3 Pembahasan
Pada sub bab ini disampaikan pembahasan tentang hasil analisis baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

BAB V PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan penelitian dan saran
5.1 Kesimpulan
a. Dirumuskan berdasarkan hasil pembahasan penelitian pada bab sebelumnya. Janganlah menyimpulkan hal-hal yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
b. Kesimpulan hendaknya disajikan secara singkat dan jelas, namun secara eksplisit dapat menjawab tujuan penelitian.
5.2 Saran
a. Dasar pemberian saran adalah bagian dari kesimpulan yang diambil
b. Hendaknya saran yang akan diberikan bersifat operasional, sehingga manfaat penelitian dapat terlihat terutama bagi objek penelitian.

C. BAGIAN AKHIR
1. Daftar Pustaka
Bagian akhir terdiri atas daftar pustaka yang dijadikan bahan bacaan dalam penyusunan tugas akhir dan disusun ke bawah menurut abjad nama penulis.
2. Lampiran (bila ada)
Dalam lampiran, terdapat keterangan atau informasi yang diperlukan pada pelaksanaan penelitian, misalnya daftar pertanyaan yang sifatnya melengkapi tugas akhir.

2 comments:

tugas akhir mengatakan...

Terima kasih atas penjelasannya..

KTI-Skripsi mengatakan...

@tugas akhir: sama2, semoga bermanfaat...

Poskan Komentar

ryan75800's Profile on Ping.sg